Jumat, 14 Januari 2011

The only people who never fail are those who never try



Satu-satunya orang yang tidak pernah gagal adalah mereka yang tidak pernah mencoba.

Pernah merasakan rasa asam buah mangga muda ?
Kalau belum pernah, silahkan mencoba.

Pernah merasakan rasa asin garam ?
Kalau belum pernah, silahkan mencoba.

Jadi, kalau ingin bisa mengetahui rasa manis, asam, pahit, asin maka kita harus mau mencoba merasakan semua rasa tersebut. Tanpa mau merasakan, maka tidak akan pernah tahu rasanya. Demikian halnya dengan kegagalan. Tanpa pernah mau memulai suatu usaha maka tidak akan pernah tahu apakah usaha yang dilakukan berhasil atau gagal. Tanpa pernah mau gagal maka tidak akan pernah tahu rasanya sukses.

Bagaimana supaya kita tidak takut mencoba ?
Bagaimana supaya kita tidak takut gagal ?

Friends, saya pernah tidak berani mencoba, karena saya takut gagal. Ini terjadi pada saat Papi meminta saya melamar kerja di perusahaan X yang terkenal di daerah saya.
Akhirnya, papi hanya berkata : "percuma kamu sekolah tinggi kalau melamar kerja saja tidak berani."
Saya jawab : "Papi, saya mau usaha sendiri."
dan Papi berkata : "memangnya pengetahuan kamu cukup untuk usaha sendiri ? Papi katakan, meski kamu pintar dan sekolahmu tinggi, tapi kamu masih belum tahu cara jalankan usaha. Apalagi sekarang, apakah kamu tahu cara memulainya ? Ibaratnya, kamu hanya pengin punya pabrik, tapi kamu tidak tahu cara bangunnya, cara dapat modalnya, cara urusnya supaya maju. Bagaimana kalau papi tidak beri kamu modal ? darimana kamu dapat modalnya ? Kamu datang ke orang, dan bagaimana kamu yakinkan orang untuk menerima rencana kamu ?"
Saya berkata : "Papi, saya ikuti saran Papi. Saya akan cari pengalaman, dan saya berjanji akan buktikan saya bisa wujudkan impian saya. Mungkin bukan sekarang, tapi nanti saya akan wujudkan."

Saya kirim surat lamaran ke perusahaan tsb, dan hasilnya : DITOLAK.
Pedih memang, dan saya komplain ke Papi atas kegagalan saya. Tetapi papi menjawab : "kegagalan itu memang tidak enak. Bagaimana kamu bisa usaha sendiri kalau ijasahmu tidak bisa yakinkan orang akan kemampuanmu ? apalagi gagal sedikit saja sudah marah ke Papi ? sudah putus asa ? Mana janjimu untuk wujudkan impianmu ke papi ?"

BAK...BUK...BAK...BUK

Ucapan papi sungguh bagai pukulan telak. Sayapun menyadari bahwa papi ingin berikan pelajaran ke saya. Bukan hanya sekedar ucapan, tapi langsung praktek. Akibat pukulan tadi, saya tidak takut lagi untuk mencoba dan mencoba...tanpa mencoba, saya tidak akan pernah tahu rasanya gagal dan berhasil.

Kalau saya tidak pernah mengalami kegagalan, maka saya tidak akan merasakan nikmatnya sukses.
Kalau saya tidak berani gagal maka saya juga tidak akan melamar pekerjaan di perusahaan.
Kalau saya tidak berani gagal maka saya juga tidak akan memulai usaha sendiri.
Saya berani gagal, dan saat saya menerima surat pemberitahuan bahwa saya diterima bekerja maka saat itu saya merasakan kenikmatan luar biasa.
Saya berani gagal, dan saat usaha saya memenangkan sebuah proyek maka betapa nikmatnya keberhasilan itu.


Good day...Good Luck...God Bless You
-----
A.C. Huang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar